Tujuan Program Studi (Programme Educational Objective/PEO) Doktor Matematika UGM adalah menghasilkan doktor matematika yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, dan berintegritas serta mempunyai kemampuan (competences) untuk:
PEO-1 | Melakukan penelitian dan diseminasinya dalam bidang matematika tingkat lanjut dan aplikasinya |
PEO-2 | Menghasilkan teori, metodologi dan/atau metode baru (originality/novelty), yang mempunyai kontribusi dalam bidang matematika dan aplikasinya. |
PEO-3 | Melakukan pengajaran, pembimbingan, dan pelayanan profesi (professional service) dalam bidang Matematika dan aplikasinya. |
PEO-4 | Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan secara terus-menerus (menjadi pembelajar sepanjang hayat) dan adaptif terhadap perkembangan IPTEKS khususnya bidang matematika dan aplikasinya. |
Profil Lulusan
1. | Akademisi (dosen) |
2. | Peneliti |
3. | Konsultan/Praktisi |
Hasil Program Pembelajaran (PLO):
PLO 1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
PLO 2 | Menguasai Filsafat (Filosofi Ilmu) Matematika dan salah satu bidang keilmuan matematika (aljabar, analisis, matematika terapan, statistika, komputasi matematika, atau komputasi statistika). |
PLO 3 | Mampu berfikir secara logis, analitis, induktif, deduktif, dan terstruktur; memiliki kemampuan untuk mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian secara mandiri; dan mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada masyarakat ilmiah dan masyarakat umum. |
PLO 4 | Menciptakan konsep dan/atau metode baru (original) di bidang matematika yang diakui secara nasional dan internasional. |
PLO 5 | Mampu mengaplikasikan ilmu matematika sesuai bidang keahliannya untuk memecahkan permasalahan termasuk yang memerlukan pendekatan multidisiplin, lintas disiplin, atau transdisiplin. |
PLO 6 | Mempunyai kemampuan untuk belajar sepanjang hayat (life long learning) dan adaptif terhadap perkembangan IPTEKS khususnya bidang yang terkait dengan Matematika dan aplikasinya. |