Pendaftaran Mata Kuliah Asistensi Penggunaan TI bagi Guru-Guru Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021

Departemen Matematika FMIPA UGM membuka pendaftaran mata kuliah Asistensi Penggunaan TI bagi Guru-guru (MK Asistensi) dengan prosedur sebagai berikut.

  1. Mahasiswa dengan arahan Dosen Pembimbing Akademik (DPA) memastikan terpenuhinya persyaratan kecukupan SKS kumulatif, IPK dan nilai mata kuliah yang ditentukan sebagai syarat khusus MK Asistensi yang akan diambil.
  2. Mahasiswa memasukkan MK Asistensi ke Kartu Rencana Studi.
  3. Mahasiswa mengisi form pendaftaran dan dikirimkan ke math@ugm.ac.id dan CC ke indarsih@ugm.ac.id.

Informasi Mengenai MK Asistensi

Sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Departemen Matematika FMIPA UGM mengharapkan lulusan yang adaptif terhadap perubahan jaman dan perkembangan teknologi informasi serta mempunyai rasa tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosi, etika dan kepribadian sebagai pembelajar sepanjang hayat (lifelong learner). Dengan harapan ini, Departemen Matematika FMIPA UGM menjadikan asistensi penggunaan teknologi informasi bagi guru-guru di sekolah menengah sebagai mata kuliah pilihan di dalam Kurikulum.

Departemen Matematika FMIPA UGM menawarkan 8 jenis software dan platform online meeting kepada mahasiswa yaitu GeoGebra, Latex, R.Studio, Phyton, Cisco Webex, Zoom, Google Meet dan Microsoft Team.

Beban 2 SKS Asistensi setara dengan 2x16x170 menit (setara dengan 90 jam). Jadi lama kegiatan asistensi ke sekolah yaitu 15 hari efektif (3 minggu) dengan setiap harinya 6 jam.  Asistensi dapat dilaksanakan secara daring atau luring.

Ketentuan Umum

  1. Mahasiswa yang akan mengambil Asistensi harus terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada Program Studi S1 di Departemen Matematika FMIPA UGM.
  2. Mahasiswa yang akan mengambil Asistensi telah mengambil Mata Kuliah dengan beban total setidaknya 90 sks, dengan total sks nilai D ke bawah tidak boleh lebih dari 25% total sks yang telah diambil dan IPK minimal 2,50
  3. Asistensi dapat dilaksanakan pada Semester VI/VII/VIII atau antar semester.
  4. Asistensi harus dicantumkan di Kartu Rencana Studi (KRS).
  5. Mahasiswa mengikuti pembekalan Asistensi yang diselenggarakan oleh Departemen Matematika sebelum pelaksanaan Asistensi dimulai.
  6. Selama melaksanakan Asistensi, mahasiswa dibimbing dan diarahkan oleh setidaknya satu dosen pembimbing. 
  7. Selama melaksanakan Asistensi, mahasiswa mengisi logbook sesuai dengan template yang disediakan dan logbook harus ditandatangani oleh guru peserta.
  8. Mahasiswa mengikuti prosedur Asistensi yang berlaku.
  9. Mahasiswa menjaga nama baik individu dan almamater selama melaksanakan Asistensi.

Persyaratan Khusus

  1. untuk mahasiswa yang akan mengambil pilihan GeoGebra nilai Kalkulus 1 dan Aljabar Linear Elementer minimal B.
  2. untuk mahasiswa yang akan mengambil Asistensi R. Studio nilai Metode Statistika I minimal B.
  3. untuk mahasiswa yang akan mengambil Asistensi Phyton, nilai Pemrograman I dan Praktikum minimal B.