PKM DEPARTEMEN MATEMATIKA FMIPA UGM DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Departemen Matematika FMIPA UGM, yang diketuai oleh Dr. Indarsih, M.Si. bekerja sama dengan Program Studi Matematika Universitas Timor dan MGMP Matematika Kabupaten Timor Tengah Utara telah selesai melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digelar selama dua hari pada Hari Jumat dan Sabtu, 19 dan 20 Agustus 2022. Kegiatan PkM tersebut mengambil tema “Matematika UGM dan Matematika Unimor Go to School” dengan inti kegiatan berupa “Sharing Pembelajaran Matematika Siswa Aktif. dan Pemanfaatan Teknologi Informasi”. Tim PkM Departemen Matematika tersebut beranggotakan enam dosen, satu tenaga kependidikan dan tiga mahasiswa, yaitu Prof. Dr. Sri Wahyuni, M.S., Prof. Dr. Ch. Rini Indrati, M.Si., Dr. Lina Aryati, M.S., Dr. Ari Suparwanto, M.Si., Dr. Khabib Mustofa, M.Kom. (Departemen Ilmu Komputer dan Elins FMIPA UGM), Dr. Yeni Susanti, M.Si., Susiana A.Md., Nikeasih Binatari, M.Sc. (mahasiswa PS Doktor Matematika UGM), Rambu Maya Imung Maharani, S.Si. (mahasiswa PS Magister Matematika UGM), dan Dewa Sunandar (mahasiswa PS Sarjana Ilmu Aktuaria UGM). Kegiatan PkM pada Jumat 19 Agustus 2022 dilaksanakan secara luring di Program Studi Matematika Unimor, berlangsung mulai Pukul 09.00 hingga Pukul 14.30 WITA serta dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Timor. Kegiatan luring yang dikomandoi oleh Faustianus Luan, S.Pd., M.Sc. beserta Tim dari Program Studi Matematika Universitas Timor ini terbagi menjadi tiga sesi. Pada Sesi 1, sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Sri Wahyuni, M.S., yang menyampaikan materi dengan topik “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Constructivism.” Sementara pada Sesi 2 disampaikan materi tentang “Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Lokal” dengan Dr. Aloisius Loka Son, M.Pd. sebagai narasumber. Sesi 3 diisi oleh Prof. Dr. Ch. Rini Indrati, M.Si. sebagai narasumber dengan topik yang disampaikan adalah “Pembelajaran Matematika Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill)”. Pada kegiatan luring tersebut hadir kurang lebih 80 peserta yang terdiri dari para guru MGMP Matematika Kabupaten Timor Tengah Utara, dosen serta mahasiswa Program Studi Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Timor. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan penutupan. Setelah acara ini selesai, diadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas MIPA UGM dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor. Ruang lingkup kerja sama berupa peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat   meliputi:

  1. Penyelenggaraan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang dilakukan oleh Para Pihak, seperti kegiatan dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pembimbingan bersama tugas akhir mahasiswa, dan lain-lain.
  2. Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Keilmuan yang dilakukan secara kolaboratif oleh Para Pihak.
  3. Kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan kesepakatan para pihak.

Kegiatan PkM pada hari kedua dilaksanakan pada Sabtu 20 Agustus 2021, dilaksanakan dalam empat sesi dengan empat narasumber dan dilaksanakan secara daring dengan media ZOOM, dimulai Pukul 07.30 dan ditutup pada Pukul 13.00 WIB. Sebelum keempat sesi dimulai, Dr. Nanang Susyanto, M.Sc. selaku Ketua Departemen Matematika FMIPA UGM memberikan sambutan dan membuka kegiatan secara resmi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Program Studi Matematika Universitas Timor Eva Binsasi, S.Si., M.Si. Selanjutnya pada Sesi 1 dipaparkan materi “Penelusuran Sumber Materi Ajar dan Pengelolaan Kelas dengan Google Classroom” oleh Dr. Khabib Mustofa, M.Kom. Kemudian acara berlanjut ke Sesi 2 dengan narasumber Dr. Indarsih, M.Si. dengan topik “Geogebra untuk Pembelajaran Matematika”. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Setelah sesi diskusi, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan break. Selanjutnya pada Pukul 11.00 WIB acara kembali dilanjutkan dengan dibukanya Sesi 3. Pada Sesi ini disampaikan topik “Struktur Aljabar Max Plus dan Aplikasinya pada Sistem Transportasi” oleh Dr. Ari Suparwanto, M.Si. sebagai narasumber. Dan pada sesi terakhir, yaitu Sesi 4, Dr. Lina Aryati, M.S. sebagai narasumber mepaparkan materi “Sharing Pembelajaran Limit Fungsi”. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan diakhiri dengan penutupan oleh Dr. Indarsih, M.Si. selaku Ketua Pelakasana Kegiatan. Kegiatan daring ini diikuti kurang lebih 58 peserta yang terdiri dari guru MGMP Matematika Kabupaten Timor Tengah Utara dan dosen dari Program Studi Matematika Universitas Timor. Meskipun kegiatan ini telah berakhir, kedua belah pihak (Departemen Matematika UGM dan Program Studi Matematika Universitas Timor) berharap kerja sama akan terus berlanjut pada masa-masa mendatang sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang semakin luas, khususnya untuk perkembangan matematika di wilayah Nusa Tenggara Timur.