Wisuda Periode I, Ketua Departemen Matematika Berpesan untuk Jaga Nama Baik Almamater

Kamis, 24 November 2022, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) menggelar Syukuran Wisuda untuk wisudawan dan wisudawati Program Sarjana. Seperti yang diketahui, Universitas Gadjah Mada kembali menggelar prosesi wisuda periode I tahun akademik 2022/2023 Program Sarjana dan Diploma pada tanggal 23-24 November 2022. 

Dalam periode wisuda kali ini, terdapat 28 wisudawan dan wisudawati dari Departemen Matematika, dengan rincian 21 wisudawan berasal dari Program Studi Matematika dan 7 wisudawan lainnya berasal dari Program Studi Statistika. 

Prof. Dr. Ing. Muhammad Reza M. I. Pulungan. S.Si., M.Sc., selaku Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia FMIPA UGM, mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati atas gelar akademis jenjang sarjana yang mereka peroleh. Beliau menyampaikan bahwa mendapatkan kesempatan untuk bisa menyelesaikan pendidikan tinggi merupakan privilese yang luar biasa. Universitas Gadjah Mada juga menanamkan nilai-nilai luhur kepada mahasiswanya: rasa ingin tahu atas segala sesuatu (curiosity), pemikiran yang terbuka terhadap hal-hal baru (open-minded), penghargaan terhadap expertise, dan toleransi. Selain itu, beliau menegaskan bahwa nilai-nilai luhur yang lebih ditekankan oleh Universitas Gadjah Mada adalah kepekaan sosial terhadap masyarakat. Mahasiswa lulusan FMIPA UGM sangat diharapkan memiliki kemampuan untuk melihat dan membangun lingkungan sekitarnya menuju lebih baik. 

Ketua Departemen Matematika FMIPA UGM, Dr. Nanang Susyanto, S.Si., M.Sc., juga turut mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan masa studinya dengan baik. “Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas gelar sarjana yang telah diraih,” tuturnya.

“Ada tanggung jawab di dalam gelar tersebut yaitu berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara. Kesuksesan program studi diukur dari seberapa besar kontribusi lulusannya terhadap bangsa dan negara. Selamat berkarya dan tetap menjaga nama baik almamater,” pesan Ketua Departemen Matematika.

Dari 28 wisudawan yang berasal dari Departemen Matematika, wisudawan dengan IPK tertinggi dari Program Studi Matematika diraih oleh Muna Mufidah dengan IPK 3,77. Di samping itu, wisudawan dengan IPK tertinggi dari Program Studi Statistika adalah Benita Katarina dengan IPK 3,75.

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorusis