Pembukaan The 9th SEAMS-UGM 2023: Integrating Mathematics with Artificial Intelligence to Broaden Its Applicability through Industrial Collaborations

Yogyakarta – Selasa, 25 Juli 2023, telah resmi dibuka The 9th SEAMS-UGM 2023 International Conference on Mathematics and Its Applications. Acara ini merupakan acara empat tahunan yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989. The 9th SEAMS-UGM tahun 2023 bertujuan menyediakan forum bagi para peneliti, dosen, pendidik, industri, dan mahasiswa untuk bertukar pikiran, serta meningkatkan kolaborasi antar peneliti dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan peneliti dari luar negeri lainnya.

Upacara pembukaan dimulai pada 08.00 WIB yang berlokasi di Auditorium Lantai 7 FMIPA Universitas Gadjah Mada (UGM). Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh pementasan seni budaya dengan ditampilkannya Tari Gambyong Pangkur. Para hadirin tampak antusias dan penuh semangat menyambut acara yang merupakan perhelatan akademis bergengsi di bidang matematika ini.

Sambutan pembuka disampaikan oleh Dr. Nanang Susyanto, S.Si., M.Sc. selaku ketua panitia yang dengan hangat menyapa seluruh hadirin dan menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasinya dalam konferensi ini. Beliau juga berharap agar konferensi ini menjadi sarana mengenal lebih dalam mengenai konsep matematika serta dapat mengaplikasikannya sehingga dapat berkolaborasi mencipatakan warna baru di dunia matematika.

Kemudian, Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M., selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Universitas Gadjah Mada, memberikan pidato pembukaan. Dalam pidatonya, beliau menyoroti pentingnya integrasi matematika dan artificial intellegence (kecerdasan buatan) serta bagaimana kolaborasi dengan industri. “Semoga dengan adanya konferensi ini dapat memberikan inovasi, tidak hanya di bidang matematika, melainkan juga bagi bidang industri dan multidisplin ilmu lainnya,” ungkapnya.

Setelah serangkain sambutan, dilakukan pemukulan gong sebagai simbol dibukanya The 9th SEAMS-UGM 2023 oleh Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M. yang ditemani oleh Dr. Nanang Susyanto, S.Si., M.Sc., Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. selaku Dekan FMIPA UGM, dan Prof. Indah Emilia Wijayanti, Presiden IndoMS.

The 9th SEAMS-UGM 2023 International Conference on Mathematics and Its Applications akan diselenggaran selama empat hari berturut-turut pada tanggal 25-28 Juli 2023. Selama empat hari, konferensi ini akan menyelenggarakan presentasi dari keynote speaker Paolo Giordano, Ph.D. (University of Vienna) dan Aditya Karnik, Ph.D. (VP Data Science Gojek). Selain itu, akan ada plenary session yang mana 18 invited speakers akan memberikan presentasi inspiratif yang menggali isu-isu penting di dunia matematika dan penerapannya dalam bidang industri. Kemudian, pada parallel session, para peserta melakukan presentasi di kelas-kelas statistik, analisis, aljabar, terapan, komputasi matematika, dan pendidikan matematika.

Dengan dibukanya The 9th SEAMS-UGM 2023 International Conference and Its Applications diharapkan akan menjadi peristiwa bersejarah bagi perkembangan ilmu matematika di kawasan Asia Tenggara dan dunia secara keseluruhan. Konferensi ini menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi regional dan internasional dalam upaya bersama mencapai kemajuan ilmu pengetahuan demi masa depan yang berkelanjutan.

Penulis: Endang Sulastri

Penyunting: Silvina Rosita Yulianti