Mengenal Sejarah Indonesia Melalui Ekskursi The 9th SEAMS UGM 2023

Yogyakarta, 27 Juli 2023 – Diselenggarakan ekskursi yang menjadi bagian dari rangkaian acara The 9th SEAMS UGM 2023. Peserta acara ekskursi ini adalah invited speakers dan beberapa partisipan konferensi. Ekskursi ini digelar dari jam 12 siang hingga 9 malam, membawa para peserta menjelajahi pesona Candi Borobudur dan menyaksikan keajaiban Sendratari Ramayana di Candi Prambanan.

Kegiatan ekskursi dimulai dengan peserta berkumpul untuk memulai petualangan di Candi Borobudur. Selama tiga jam, mereka menyusuri setiap lorong dan teras dari candi megah ini. Detil pahatan dan relief pada dinding candi menjadi perhatian utama para peserta. Tak lupa, mereka mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Sesudah eksplorasi yang memuaskan di Candi Borobudur, perjalanan dilanjutkan menuju Prambanan Resto untuk makan malam. Momen bersantap diiringi dengan kuliner khas Indonesia yang menggugah selera dan pemandangan Candi Prambanan, menciptakan momen kebersamaan dan kegembiraan di antara peserta.

Setelah makan malam, para peserta berkumpul di teater untuk menyaksikan Sendratari Ramayana. Pertunjukan tarian epik ini menyampaikan kisah Rama yang berjuang untuk menyelamatkan Dewi Sita dari Rahwana dengan indah dan mengesankan. Pesan moral dan makna mendalam dari cerita ini terpancar dari setiap gerakan tari, menghadirkan pengalaman yang menyentuh hati penonton.

Ekskursi ini menjadi sebuah pengalaman budaya yang mendalam mengenai sejarah di Indonesia. Selain menjadi wadah penyampaian gagasan di bidang matematika, The 9th SEAMS UGM 2023 juga menjadi kesempatan berharga untuk pengenalan kebudayaan Indonesia ke mancanegara.

Penulis: Kadek Wahyu Medalika Manik Segara

Penyunting: Silvina Rosita Yulianti