Empat Hari Ajang Megah! The 9th SEAMS-UGM 2023 Konferensi Internasional Matematika Berlangsung Meriah

Yogyakarta – Pada hari Jumat, 28 Juli 2023, acara The 9th SEAMS-UGM 2023 International Conference on Mathematics and Its Applications yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi ditutup. Konferensi internasional matematika ini ditutup langsung oleh Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto, S.Si., M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Kerjasama FMIPA UGM, serta dihadiri para pembicara serta peserta konferensi.

Acara yang berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 25 hingga 28 Juli 2023, melibatkan mahasiswa, ilmuwan, akademisi, dan praktisi matematika dari berbagai negara dalam atmosfer yang meriah dan inspiratif. Acara ini menghadirkan 2 keynote speakers, 18 invited speakers, dan 143 presenters dengan materi yang beragam. 

Acara ini mencakup berbagai satellite events, diantaranya Algebra Mini Symposium, Third Southeast Asian Women Mathematicians Meeting 2023, Summer School on Number Theory and Cryptography, International Actuarial Research Conference, and Workshop on Earthquake Catastrophe Risk Modeling. The 9th SEAMS-UGM 2023 ini memberikan wawasan mendalam dan menyeluruh, memperkaya pengetahuan, dan menginspirasi pemikiran baru dalam dunia matematika.

Halle Bata dan Maj Victoria peserta dari Ateneo de Manila, Filipina, menyampaikan kesannya selama empat hari mengikuti rangkaian acara The 9th SEAMS-UGM 2023. Pada awalnya mereka merasa takut untuk mengikuti konferensi internasional ini, tapi berkat keramahan dan kehangatan dari setiap orang yang turut serta dalam acara ini, mereka berhasil menghilangkan rasa takut itu. Selain itu, mereka juga belajar banyak hal dari narasumber pada plenary sessions. Mereka berharap, semoga ada banyak konferensi internasional matematika di masa yang akan datang, sehingga dapat membuka kesempatan kolaborasi penelitian. 

Senada dengan yang disampaikan oleh para peserta, Dr. Nanang Susyanto, S.Si., M.Sc. selaku Ketua Panitia, juga menyampaikan, “The 9th SEAMS-UGM ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan akademik dan menjadi pembuka pintu-pintu kolaborasi penelitian di bidang matematika.”

The 9th SEAMS-UGM 2023 International Conference on Mathematics and Its Applications meninggalkan jejak yang kuat dalam dunia akademis dan matematika. Konferensi ini menjadi ajang pertemuan berkelas dunia yang memberikan inspirasi dan wawasan bagi para ilmuwan, serta mendorong kolaborasi untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan matematika dalam berbagai aspek kehidupan. Semangat positif dan antusiasme para peserta menandai akhir dari perhelatan akbar ini, dan harapan untuk melihat pertemuan serupa di masa depan tetap menyala.

Penulis: Endang Sulastri

Penyunting: Silvina Rosita Yulianti