Borong Juara! Mahasiswa Matematika UGM Pesta Medali Dokter Data 2023 

Mahasiswa matematika UGM kembali menorehkan prestasi yang luar biasa di tingkat nasional. Mahasiswa matematika UGM membawa pulang lima medali dalam ajang Dokter Data 2023 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas DIponegoro (Himasta Undip). Delegasi kebanggaan matematika UGM berhasil memperoleh 2 medali emas dan 3 medali perunggu.  

Pada cabang Olimpiade Statistika Tingkat Nasional, Tim Gian Luky Saputra dan Daud Muhammad Azhari mendapat medali emas dan Tim Cindy Ermawati dan Saprina Saputri mendapat medali perunggu. Pada cabang Esai Statistika Tingkat Nasional, Tim Mohammad Firdaus dan Fitriana Arlyn Rahayu mendapat medali emas dan Tim Bryan Florentino Leo dan Immanuella Rere Kusuma Wardhani mendapat medali perunggu. Dan pada cabang Infografis Statistika Tingkat Nasional, Luthfi Syafi Abdillah mendapat medali perunggu. 

Arlyn menyampaikan, “Selama persiapan lomba, khususnya pembuatan esai, memakan waktu yang cukup lama dan prosesnya panjang sekali. Pemilihan topik, diskusi dengan berbagai pihak, juga konsultasi, baik itu sama dosen-dosen kami maupun sama alumni Departemen Matematika.” 

“Mari kita angkat derajat data menjadi lebih dari sekadar angka-angka. Mari kita jadikan data sebagai cerita yang membekas di hati, yang mencerahkan wawasan, dan memimpin kebenaran”, tutup Arlyn. 

Semoga keberhasilan ini dapat menginspirasi mahasiswa Departemen Matematika FMIPA UGM untuk semakin bersemangat dalam mengikuti kompetisi dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan diri. 

 

Penulis: Kadek Wahyu Medalika Manik Segara.