Press Relase: Webinar Peran Strategis Petugas Pelindungan Data dan Launching Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber FMIPA UGM

Yogyakarta, 21 Desember 2023 – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) sukses menyelenggarakan webinar bertajuk “Peran Strategis Petugas Pelindungan Data/Data Protection Officer (DPO)” dan meresmikan Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber pada hari Kamis, 21 Desember 2023.

Kegiatan ini diawali dengan launching Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan MIPA UGM, Prof. Kuwat Triyana, yang kemudian diserahkan kepada Kepala Pusat Kajian, Prof. Indah Emilia Wijayanti.

Webinar ini menghadirkan Bapak Anwar Siregar, Direktur CBQA Global, yang membahas tentang “Data Protection Officer (DPO): Regulasi, Potensi, Implementasi dan Prospek ke Depan”. Kemudian, Bapak Anton Setyawan, CEO Betaprivacy.id, menyampaikan pentingnya pengetahuan perlindungan data bagi pihak-pihak pengumpul data sensitif, serta membahas keamanan siber, permasalahannya, tantangan, dan solusinya.

Pembicara ketiga, Prof. Dr. Indah Emilia Wijayanti, M.Si., selaku Kepala Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber FMIPA UGM, memperkenalkan pusat kajian baru ini dan menginformasikan tentang Training DPO yang akan diadakan pada bulan Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai pentingnya perlindungan data dan keamanan siber di era digital saat ini, sekaligus menandai langkah strategis FMIPA UGM dalam bidang kriptografi dan keamanan siber. Hal ini senada dengan SDG’s poin 4 terkait Quality Education dan poin 11 Sustainable Cities and Communities. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber FMIPA UGM dan kegiatan-kegiatannya, dapat mengikuti akun instagram Departemen Matematika FMIPA UGM @mathugm.