Sarasehan Program Studi Doktor Matematika FMIPA UGM: Memperkuat Sinergi dan Kolaborasi

Pada hari Jumat, tanggal 22 Maret 2024, Departemen Matematika FMIPA UGM menggelar Sarasehan Program Studi Doktor Matematika di Ruang Sidang 1 Departemen Matematika, Lantai 3. Acara ini dihadiri oleh pengelola Departemen Matematika, pengelola Program Doktor Matematika, mahasiswa Program Doktor Matematika, dan tenaga kependidikan Departemen Matematika.

Sarasehan dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen, Dr. Nanang Susyanto, S.Si., M.Sc., M.Act.Sc., serta Kaprodi Doktor Matematika, Prof. Dr. Christiana Rini Indrati, M.Si.. Moderator untuk acara ini adalah Evita Purnaningrum, S.Si., M.Si.

Salah satu sesi utama dalam acara ini adalah sharing session dan diskusi dengan narasumber Dr. Retno Subekti, S.Si., M.Sc. yang membahas tentang Motivasi Melakukan Penulisan Publikasi. Diskusi yang dipandu oleh Evita Purnaningrum, S.Si., M.Si., dan Nikenasih Binatari, S.Si., M.Sc., menjadi ruang bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan pandangan terkait tema tersebut.

Sesi kedua berfokus pada penyampaian informasi komprehensif, monitoring dan evaluasi, penilaian pra-kelayakan, serta informasi terkait kurikulum Program Studi Doktor Matematika Tahun 2022 oleh Ketua Prodi, Prof. Dr. Christina Rini Indrati, M.Si., dengan moderasi dari Evita Purnaningrum, S.Si., M.Si.

Acara ditutup dengan Rembug Ringan Ikatan Mahasiswa Program Studi Doktor Matematika, yang dipimpin oleh Ketua HIMA Program Doktor Matematika, Evita Purnaningrum, S.Si., M.Si., dan Nikenasih Binatari, S.Si., M.Sc.

Semoga sarasehan ini menjadi langkah awal yang baik dalam memperkuat sinergi dan kolaborasi di antara seluruh pihak terkait Program Studi Doktor Matematika FMIPA UGM, sekaligus menjadi kontribusi nyata dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Di antara tujuan tersebut, terdapat Poin SDGs ke-4 yang berkaitan dengan Pendidikan Berkualitas. Sarasehan ini berupaya memperkuat kurikulum dan pengembangan program doktor, sesuai dengan fokus pada pendidikan yang berkualitas. Selain itu, Poin SDGs ke-17 tentang Kemitraan untuk mencapai Tujuan juga menjadi perhatian dalam acara ini. Melalui sarasehan, dibangun kemitraan yang kuat antara pengelola departemen, pengelola program doktor, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

 

Kata Kunci: Sarasehan, Monitoring dan Evaluasi, Kolaborasi

Penulis: Wira Kurniawan

Editor: Endang Sulastri

Fotografer: Wira Kurniawan