Gocapan PESEGI: Gowes Jum’at Berkah Olahraga, Kuliner, dan Kekompakan dalam Satu Kegiatan

Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) mendukung serangkaian kegiatan yang berfokus pada promosi gaya hidup sehat di kalangan civitas akademika, khususnya melalui bersepeda bersama. Hal ini senada dengan tuntutan era modern yang serba cepat, pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu beberapa civitas akademika Departemen Matematika aktif untuk berkontribusi dalam kegiatan sepeda bersama, khususnya bersama komunitas PESEGI.

Komunitas PESEGI, yang berdiri atas inisiatif para dosen dan alumni FMIPA UGM, merupakan sebuah komunitas bersepeda yang tidak hanya berfokus pada aktivitas fisik, tetapi juga membangun tali persaudaraan dan berbagi pengetahuan. Dengan visi mendorong gaya hidup sehat dan menguatkan hubungan antar anggota, PESEGI telah menjadi salah satu komunitas bersepeda yang aktif di Yogyakarta.

Pada bulan April, PESEGI telah melaksanakan beberapa kegiatan gowes yang menarik. Kegiatan gowes rutin yang diadakan setiap Jumat pagi ini juga bertujuan untuk mengisi kekosongan kegiatan senam pagi yang biasanya diadakan di FMIPA UGM. Salah satunya adalah gowes pada Jumat, 19 April 2024, yang mengambil rute menuju pusat kota Yogyakarta dan diakhiri dengan sarapan di Soto Pak Sholeh Al Barokah di Tegalrejo. Selain itu, pada hari Jumat 26 April 2024, rombongan bergerak ke utara menuju Terminal Bus Condongcatur, dimana mereka beristirahat sambil menikmati nasi pecel dan rawon di warung yang dikenal sebagai tempat makan favorit Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc, Sekretaris Negara saat ini.

“Kegiatan seperti ini sangat penting, terutama untuk mengajarkan kepada kita semua tentang pentingnya kebersamaan dan kesehatan. Selain itu, melalui kegiatan ini kita juga bisa menikmati keindahan kota Yogyakarta dan memperdalam rasa syukur atas lingkungan yang kita miliki,” ujar Uha Isnaini, salah seorang peserta gowes.

Kegiatan ini juga menjadi momen penting untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan antar peserta, yang terdiri dari dosen, mahasiswa, serta alumni UGM. Topik pembicaraan tidak hanya seputar kesehatan dan olahraga, tetapi juga meliputi berbagai aspek kehidupan sosial dan budaya.

Dengan kegiatan yang kaya akan manfaat ini, komunitas PESEGI berharap dapat terus mempromosikan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat luas sambil memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara anggotanya. Selain itu, dapat mendorong tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Poin 3 yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan.

 

Kata Kunci: Gowes, Kesehatan, Kegiatan Bersama

Penulis : Uha Isnaini

Foto: Uha Isnaini

Editor: Endang Sulastri