Workshop Penelitian Aljabar Departemen Matematika FMIPA UGM

Pada hari Jum’at – Sabtu, tanggal 3-4 Mei 2024, Laboratorium Aljabar, Departemen Matematika FMIPA UGM telah sukses menyelenggarakan Workshop Penelitian Aljabar. Acara ini berlangsung di Griya Persada Convention Hotel dan Resort Kaliurang, Yogyakarta. Workshop tersebut diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa S1 dan S2 yang turut aktif berpartisipasi dalam setiap sesi kegiatan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen Lab Aljabar dan 30 mahasiswa S1 dan S2 yang berpartisipasi aktif dalam workshop ini.

Workshop dimulai dengan paparan penelitian aljabar oleh para dosen yang mencakup berbagai bidang, antara lain:

  • Prof. Dr.rer.nat. Indah Emilia Wijayanti, M.Si.: Penelitian di bidang kriptografi, struktur aljabar: teori ring dan modul, derivation.
  • Prof. Dr. Sri Wahyuni, S.U.: Penelitian tentang teori ring dan modul, modul regular dan perumumannya.
  • Dr. Budi Surodjo, M.Si.: Penelitian tentang ring dan modul deret pangkat tergeneralisasi, modul regular dan perumumannya.
  • Dr.rer.nat. Ari Suparwanto, M.Si.: Penelitian di bidang aljabar max-plus, matriks atas aljabar max-plus.
  • Dr.rer.nat. Yeni Susanti, M.Si.: Penelitian tentang graf meliputi pelabelan graf dan aljabar graf.
  • Dr. Aluysius Sutjijana, M.Sc.: Penelitian di bidang teori pengkodean.
  • Dr. Sutopo, S.Si., M.Si.: Penelitian di bidang struktur aljabar (ring dan modul bertingkat), teori matriks.
  • Uha Isnaini, S.Si., M.Sc., Ph.D.: Penelitian di bidang kriptografi dan teori bilangan.
  • Iwan Ernanto, S.Si., M.Sc.: Penelitian di bidang struktur aljabar, khususnya ring dan modul bertingkat, derivation.
  • Ari Dwi Hartanto, S.Si., M.Sc.: Penelitian di bidang Computer Algebra, Gröbner basis.

Salah satu agenda menarik dalam workshop ini adalah pemaparan 3 Minute Thesis yang diikuti oleh delapan mahasiswa. Kompetisi ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mempresentasikan penelitian mereka dalam waktu singkat, menantang mereka untuk menyampaikan gagasan kompleks dengan cara yang jelas dan ringkas.

Pada hari kedua, kegiatan workshop diawali dengan jalan sehat menuju taman gardu pandang Kaliurang. Selanjutnya kegiatan workshop ditutup dengan diskusi dan pengembangan penelitian di masa depan untuk Lab Aljabar, Departemen Matematika, FMIPA UGM. Workshop Penelitian Aljabar ini berjalan dengan lancar dan sukses berkat dukungan dari semua pihak yang terlibat.
Workshop ini mendukung beberapa poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), antara lain, yaitu SDG 4: Pendidikan Berkualitas – Dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan diskusi ilmiah, workshop ini mendukung pencapaian pendidikan yang inklusif dan berkualitas serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup. Selain itu juga selaras dengan SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur – Penelitian di bidang aljabar, termasuk kriptografi dan teori pengkodean, berkontribusi pada inovasi teknologi dan peningkatan infrastruktur informasi dan komunikasi.

Kegiatan ini mendapatkan support penuh dari Departemen Matematika sehingga dapat terlaksana dengan baik. Semoga hasil dari workshop ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan penelitian aljabar di Indonesia.

 

Kata Kunci: Workshop, Struktur Aljabar, Penelitian

Penulis: Uha Isnaini

Editor: Endang Sulastri

Foto: Iwan Ernanto dan Uha Isnaini