Algebra Guest Lecture Series #3: Derivasi Ring dan Multilinear Map Beserta Penerapannya di Keamanan Data.

Yogyakarta, 16 Juli 2024 – Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) sukses menggelar acara “Algebra Guest Lecture Series #3” pada hari Selasa, 16 Juli 2024. Acara ini berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.30 di Ruang Sidang 1, lantai 3 Departemen Matematika FMIPA UGM.

Dalam sesi ketiga dari seri kuliah tamu ini, dua pembicara utama dihadirkan untuk membagikan pengetahuan dan hasil penelitian terbaru di bidang aljabar. Pembicara pertama, Dr. Vaishali Varshney dari Department of Mathematics, Faculty of Science, Aligarh Muslim University, Aligarh, India, mempresentasikan topik yang berjudul “On symmetric n-derivations in rings.” Dr. Varshney membahas teori n-derivasi simetris dalam ring, sebuah konsep penting dalam matematika abstrak yang berpotensi memberikan wawasan baru dalam penelitian aljabar modern. Selanjutnya, beberapa contoh diberikan untuk menunjukkan bahwa kondisi yang diasumsikan dapat dilakukan.

Pembicara kedua adalah Annisa Dini Handayani, mahasiswa program doktor di Departemen Matematika FMIPA UGM. Annisa mempresentasikan topik “On the security of multilinear map based on generalized weil pairing,” yang mengeksplorasi keamanan peta multilinear berdasarkan pasangan Weil yang digeneralisasi.

Multilinear maps dalam kriptografi dapat digunakan sebagai membangun blok untuk pertukaran kunci multipartai, enkripsi saksi, dan pengaburan indistinguishability. Namun, membangun multilinear map yang aman dan efisien masih menjadi masalah terbuka. Pada presentasi ini menyoroti aplikasi teori aljabar dalam kriptografi, khususnya dalam pengembangan sistem keamanan yang lebih kompleks dan aman.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk bertukar ilmu dan pengalaman antar akademisi, tetapi juga memperkuat jaringan kerjasama internasional dalam penelitian aljabar. Peserta yang hadir sangat antusias dengan topik-topik yang dibahas dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab.

Bagi yang tidak dapat hadir secara langsung, Departemen Matematika FMIPA UGM menyediakan tautan via Zoom untuk mengikuti berlangsungnya acara. Hal ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi yang tidak berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya untuk dapat turut serta belajar bersama di kegiatan ini.

Seri kuliah tamu ini merupakan bagian dari upaya Departemen Matematika FMIPA UGM, khususnya laboratorium Aljabar untuk terus mendukung dan mempromosikan penelitian dan pendidikan matematika berkualitas tinggi. Hal ini senada dengan SDGs no 4 yaitu pendidikan berkualitas. Rencananya, acara serupa akan terus diadakan dengan topik-topik menarik lainnya di masa mendatang.

Kata Kunci: Aljabar, Kriptografi, Derivasi Ring
Penulis: Uha Isnaini
Editor: Sania Rizka Ramadhani
Foto: Christina Agustin R. S.