Implementasi Kerja Sama Antaruniversitas, SEAMS School 2024 Sukses Digelar di Indonesia

Departemen Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro telah sukses menyelenggarakan SEAMS School 2024 dari tanggal 1-9 Juli 2024. Kegiatan pendidikan tinggi ini turut melibatkan Universitas Gadjah Mada, Universitas Lampung, dan Universitas Khairun sebagai co-host.

Kegiatan yang berfokus pada “Derivasi Ring dan Modul dan Aplikasinya” ini mendapatkan dukungan dari Centre International de Mathématiques Pures et Appliquées (CIMPA) di Perancis dan South East Asian Mathematical Society (SEAMS). Acara ini dihadiri oleh pembicara internasional yaitu Prof. Vincenzo De Fillippis dari Universitas Messina, Italia, dan Prof. Shakir Ali dari Universitas Muslim Aligarh, India.

Pada pembukaan yang diadakan tanggal 1 Juli, Dr. Nikken Prima Puspita, Ketua SEAMS School 2024, menyampaikan laporan tentang kegiatan ini. Pembukaan juga dimeriahkan dengan sambutan dari berbagai tokoh penting seperti Prof. Dr. Indah Emilia Wijayanti, Presiden IndoMS, dan Prof. Kusworo Adi, Dekan Fakultas Sains dan Matematika.

Dengan kehadiran total 55 peserta dari lima negara, termasuk Indonesia, India, Filipina, Kamboja, dan Bangladesh, acara ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman teoritis dan aplikatif mengenai derivasi dalam teori ring dan modul. Penyelenggara berharap SEAMS School 2024 dapat menjadi platform bagi para peserta untuk “berbagi, belajar, dan tumbuh” bersama, sejalan dengan tujuan Pendidikan Berkualitas dari Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4. UGM mengirimkan cukup banyak mahasiswa dan alumni, diantaranya Carolus Pasha Lazuardi Jituprasojo H, Dian Ariesta Yuwaningsih, Fatik Redy Hanif, Febby Desy Lia, Gusti Ayu Dwi Yanti, Mu’amar Musa Nurwigantara, Muhammad Fatkhurrohman, Saifullah Ali, dan Yunita Septriana Anwar.

Acara ini diresmikan oleh Wakil Rektor Wijayanto. S.IP., M.Si., Ph.D, menandai dimulainya serangkaian sesi pendidikan dan kolaborasi yang akan membawa dampak signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan di kawasan Asia Tenggara. Agenda resmi ditutup 9 Juli 2024 namun tentu tidak mengakhiri komunikasi dan kolaborasi antar peserta. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi media berjejaring sehingga setelah kegiatan berakhir peserta dapat berkolaborasi dalam mengembangkan keilmuan yang diperoleh selama kegiatan.

 

Kata Kunci: SEAMS School 2024, Kerja Sama Antaruniversitas, Derivasi Ring dan Modul, CIMPA, Pendidikan Berkualitas, Asia Tenggara

Penulis: Uha Isnaini

Editor: Endang Sulastri 

Foto: Panitia SEAMS School 2024