DEMOMATIKA Seri 6 Berlangsung Sukses dengan Antusiasme Peserta

Yogyakarta, 4 September 2024 – Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM), kembali menggelar acara DEMOMATIKA Seri 6 yang dilaksanakan secara hybrid pada hari ini. Acara ini menghadirkan dua pembicara yang merupakan dosen dari FMIPA UGM: Made Benny Prasetya, S.Si., M.Sc. dan Ivonne Martin, S.Si., M.Sc., Ph.D.. Dengan topik yang sangat menarik dan relevan di bidang matematika terapan, acara ini berhasil menarik perhatian para peserta, baik yang hadir secara daring maupun luring.

Dalam sesi pertama, Made Benny Prasetya menyampaikan materi mengenai “Monge Solutions of Hamilton-Jacobi Equations in Metric Space”, sebuah topik yang mendalami solusi Monge pada persamaan Hamilton-Jacobi dalam ruang metrik. Materi ini secara tidak langsung mendukung SDG 4: Pendidikan Berkualitas, dengan memperluas pengetahuan matematika yang fundamental untuk pengembangan teknologi dan inovasi.

Sementara itu, Ivonne Martin membahas tentang “Inferensi Kausal pada Data Observasional Berdasarkan Electronic Health Records (EHR)”, yang merupakan topik sangat relevan dengan perkembangan teknologi kesehatan saat ini. Topik ini mendukung SDG 3: Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan dengan memperkuat kapasitas penelitian dalam sistem kesehatan melalui pemanfaatan data observasional yang ada.

Acara ini dihadiri oleh 55 peserta, dengan rincian 30 peserta mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting, dan 25 peserta lainnya hadir secara langsung di Ruang 318, Gedung S2 FMIPA UGM. Moderator acara, Malim Muhammad, S.Si., M.Sc., dosen dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, memandu jalannya diskusi dengan baik sehingga interaksi yang pembicara dan peserta berlangsung dengan penuh antusias.

Kegiatan DEMOMATIKA ini merupakan salah satu rangkaian acara yang rutin diselenggarakan oleh Departemen Matematika UGM, bertujuan untuk memberikan wawasan dan memperkaya pengetahuan mahasiswa serta para akademisi di bidang matematika dan ilmu terapan lainnya. Acara ini berhasil dilaksanakan dengan lancar, dan para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang disuguhkan. Melalui acara ini, SDG 4: Pendidikan Berkualitas kembali didukung dengan memperkuat kerjasama akademis dan memperluas akses terhadap ilmu pengetahuan di lingkungan pendidikan tinggi.

Dengan tersedianya opsi hybrid, acara ini memberikan fleksibilitas bagi para peserta untuk memilih cara kehadiran yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, di mana opsi luring dibatasi hanya untuk 30 orang guna menjaga kualitas interaksi. Upaya ini juga mendukung SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur dengan memanfaatkan teknologi digital dalam penyelenggaraan acara yang inklusif.

 

Kata Kunci: DEMOMATIKA, Hamilton-Jacobi Equations, Electronic Health Records (EHR)

Penulis: Endang Sulastri

Fotografer: Priscilla Deviana Tachija, Fitriana Arlyn Rahayu