Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber FMIPA UGM Gelar Workshop Kriptografi dan Keamanan Siber

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada, melalui Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber mengadakan Workshop Kriptografi dan Keamanan Siber di Alana Hotel Yogyakarta pada 22 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan mempererat kerja sama antara Pusat Kajian Kriptografi dan Keamanan Siber FMIPA UGM dengan PT Analis Forensik Digital dan PT Analis Keamanan Siber, sejalan dengan upaya mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Workshop ini menghadirkan para ahli di bidang kriptografi dan keamanan siber yang membahas berbagai topik terkini, termasuk penggunaan machine learning dan deep learning dalam cybersecurity dan digital forensic. Josua M. Sinambela, M.Eng., CEO dan Co-Founder PT Analis Forensik Digital, mengisi sesi tentang perkembangan terkini dan masa depan cybercrime, cybersecurity, dan digital forensic. Sementara itu, Afiahayati, S.Kom., M.Cs., Ph.D., Dosen FMIPA UGM, membahas pembelajaran mesin dan aplikasinya dalam keamanan siber.

Dr. Aslan Alwi, S.Si., M.Cs., Co-Founder dan Senior Researcher Almudaya Research Institute, mengupas lebih dalam tentang penggunaan machine learning dan deep learning dalam cybersecurity dan digital forensic. Sesi tentang memahami kelebihan dan kekurangan teknologi blockchain diisi oleh Drs. Bambang Nurcahyo Prastowo, M.Sc., Dosen FMIPA UGM.

Acara ini dimulai pukul 09.00 dengan sambutan dari perwakilan PT Analis Forensik Digital dan PT Analis Keamanan Siber, diikuti oleh pembukaan resmi oleh Dekan FMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si. Para peserta yang terdiri dari akademisi, peneliti, dan praktisi dari berbagai institusi berdiskusi dalam forum group discussion (FGD) untuk mengidentifikasi peluang kolaborasi di bidang keamanan siber.

Workshop ini menyoroti pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menghadapi tantangan keamanan digital di era digitalisasi yang semakin maju. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mendukung pencapaian SDGs, khususnya SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) dengan mempromosikan inovasi teknologi dalam keamanan informasi, dan SDG 16 (Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh) dengan memperkuat keamanan siber untuk mendukung sistem peradilan dan pemerintahan yang lebih aman dan transparan.

Dengan adanya workshop ini, UGM dan para mitranya berupaya mendorong pertukaran pengetahuan dan inovasi dalam teknologi keamanan informasi, sekaligus memperkuat fondasi kerja sama untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di bidang digital dan siber.

Tentang C3R FMIPA UGM:

Center for Cryptography and Cybersecurity Researches (C3R) FMIPA UGM merupakan lembaga riset di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM). C3R berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman dan keamanan dalam bidang kriptografi dan keamanan siber melalui kegiatan penelitian, pelatihan, dan pengembangan inovasi.

Kontak Media:
Nama: Prof. Dr. Indah Emilia Wijayanti, M.Si.
Ketua C3R FMIPA UGM
Email: ind_wijayanti@ugm.ac.id

 

Kata Kunci: Kriptografi, Keamanan Siber, Workshop

Penulis: Uha Isnaini

Editor: Endang Sulastri

Foto: Susiana dan Bomahasko Kosasih