Himatika UGM Sukses Gelar Seminar PKM MathWise 2024: Dorong Mahasiswa Matematika untuk Berinovasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Yogyakarta, 24 Agustus 2024 – Himpunan Mahasiswa Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menggelar Seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) MathWise 2024 dengan tema “Unraveling Mathematical Mysteries – Your First Step into the World of Science! with Laboratories and PKM”. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM dan dihadiri oleh puluhan mahasiswa departemen matematika.

Seminar ini bertujuan untuk mengenalkan PKM kepada para mahasiswa UGM, khususnya mahasiswa Matematika, serta meningkatkan minat mereka dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah. Kegiatan dimulai pukul 12.30 WIB dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana dan Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika.

Sesi utama seminar meliputi talkshow interaktif yang dipandu oleh moderator, menghadirkan pembicara yaitu Uha Isnaini, Ph.D. dan Christina Agustin Raphonhita Simbolon. Para pembicara membahas berbagai topik, mulai dari pengenalan PKM, strategi membangun kemampuan berpikir kritis dan matematis, hingga tips sukses dalam penulisan karya ilmiah. Seminar ini bermanfaat untuk membuka wawasan dan memotivasi mahasiswa agar lebih aktif berpartisipasi dalam kompetisi PKM.

Selain sesi talkshow, acara juga diisi dengan Focus Group Discussion (FGD) yang mengajak peserta untuk berdiskusi dan membuat brainstorming map terkait topik yang diberikan oleh panitia. FGD ini bertujuan untuk melatih kerja sama tim dan kemampuan presentasi peserta. Tiga tim dari FGD diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan dinilai langsung oleh pembicara.

Acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada tim terbaik, penyerahan sertifikat kepada peserta, serta dokumentasi bersama. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan antusiasme mahasiswa Matematika dalam mengikuti PKM dan mempersiapkan mereka untuk berkompetisi di tingkat nasional,” kata Nafiza Fitria Khasanah, salah satu panitia MathWise 2024.

Dengan suksesnya Seminar PKM MathWise 2024, diharapkan mahasiswa UGM semakin termotivasi untuk berinovasi dan berkontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Panitia juga berharap acara ini menjadi langkah awal yang baik untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dalam kompetisi ilmiah. Tentunya hal ini mendukung SDGs poin 9 terkait industri, inovasi dan infrastruktur dan SDGs poin 4 terkait pendidikan berkualitas.

 

Kata Kunci: Penelitian dan Karya Ilmiah, Motivasi Mahasiswa, Seminar PKM MathWise 2024

Penulis: Uha Isnaini

Editor: Endang Sulastri

Foto: Tim Panitia