Himatika UGM Gelar Seminar Laboratorium Aljabar: Kenalkan Mahasiswa pada Laboratorium di Departemen Matematika

Yogyakarta, 24 Agustus 2024 – Himpunan Mahasiswa Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menggelar Seminar Laboratorium Aljabar sebagai bagian dari rangkaian acara MathWise 2024. Seminar ini berlangsung di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM dan dihadiri oleh mahasiswa Program Studi S-1 Matematika.

Seminar ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam tentang Laboratorium yang ada di lingkungan Departemen Matematika kepada para mahasiswa, serta memberikan gambaran mengenai mata kuliah peminatan yang tersedia dan prospek kerja yang dapat diperoleh setelah menyelesaikan peminatan ini. “Kami berharap seminar ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa mengenai pilihan karir yang tersedia setelah mereka menyelesaikan studi di program studi matematika ini,” ujar Clara Kimberly, salah satu panitia MathWise 2024.

Acara dimulai pukul 08.15 WIB dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia, Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika, dan Kepala Program Studi S-1 Matematika. Setelah itu, seminar dilanjutkan dengan berbagai sesi yang menghadirkan pembicara dari masing-masing laboratorium, yaitu Uha Isnaini, Ph.D. (Laboratorium Aljabar), Atok Zulijanto, Ph.D. (Laboratorium Analisis), Prof. Imam Solekhuddin (Laboratorium Komputasi), dan Dr. Lina Aryati (Laboratorium Matematika Terapan).

Sesi utama yang membahas Laboratorium di departemen Matematika dipandu oleh moderator dan diisi dengan pemaparan materi mengenai tujuan laboratorium, ketua laboratorium, daftar dosen, serta mata kuliah yang ditawarkan. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi secara langsung dengan pembicara, yang berlangsung interaktif dan penuh antusiasme.

Seminar ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada peserta, sesi ice breaking, survei kepuasan acara, dan penutupan pada pukul 12.00 WIB. “Kegiatan seperti ini sangat penting untuk memberikan informasi yang mendalam mengenai pilihan studi yang ada dan membantu mahasiswa dalam menentukan arah karir mereka ke depannya,” ujar Asif Tijani Ahmad, ketua panitia.

Dengan terselenggaranya Seminar Laboratorium Aljabar ini, diharapkan mahasiswa matematika UGM, khususnya dari Program Studi S-1 Matematika, dapat lebih mengenal laboratorium-laboratorium yang ada, memilih mata kuliah peminatan yang sesuai, dan mempersiapkan diri untuk prospek kerja di masa depan. Tentunya hal ini mendukung SDGs poin 9 terkait industri, inovasi dan infrastruktur dan SDGs poin 4 terkait pendidikan berkualitas.

 

Kata Kunci: Seminar Laboratorium Aljabar, Peminatan dan Prospek Kerja, SDGs (Pendidikan dan Inovasi)

Penulis: Uha Isnaini

Editor: Endang Sulastri

Foto: Tim Panitia