Ajang Kenalan dan Silaturahmi Orang Matematika (AKSIOMA) 2024: Membangun Keakraban dan Kolaborasi diantara Civitas Akademik Departemen Matematika

Departemen Matematika Fakultas MIPA UGM melalui Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Matematika (HIMPASTIKA) menggelar acara Ajang Kenalan dan Silaturahmi Orang Matematika (AKSIOMA) yang diadakan di Ruang Sidang 1 Lantai 3 Gedung Departemen Matematika pada 7 September 2024 yang dimulai pada pukul 09.00 s.d. 14.00 WIB. Acara ini bertujuan untuk perkenalan dan pengakraban antarmahasiswa Prodi Magister Matematika FMIPA UGM. Selain itu dilakukan perkenalan pada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan, khususnya bidang minat kuliah dan sharing pengalaman alumni Magister Matematika UGM. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mahasiswa Baru Angkatan tahun 2024, Pengelola Program Studi Magister Matematika, Pengurus Himpastika, dan beberapa alumni yang bergabung secara daring.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UGM yang dipimpin oleh Erlangga Adinugroho Rohi. Kemudian dilanjutkan sambutan dari perwakilan Departemen Matematika, Dr. Indarsih, M.Si., selaku Sekretaris Program Studi Magister Matematika, yang sekaligus membuka acara AKSIOMA tahun 2024 ini. Beliau menekankan pentingnya membangun komunikasi, hubungan baik dengan mahasiswa dan jaringan civitas akademik khususnya di Departemen Matematika. “Kita tidak hanya berbicara tentang matematika di sini, tetapi juga membangun jejaring, mendukung satu sama lain dalam pencapaian akademik dan nonakademik,” jelas beliau.

Acara ini mendukung pencapaian SDG 4: Pendidikan Berkualitas, karena menekankan pentingnya kualitas pendidikan, jejaring, serta kolaborasi dalam lingkungan akademik, yang mendukung perkembangan mahasiswa dalam aspek akademik dan non-akademik.
Mawar Idah Shonia, selaku perwakilan dari Himpastika, dalam sambutannya menjelaskan arti pentingnya peran serta mahasiswa Magister Matematika dalam kegiatan akademik dan non akademik selama menempuh studi. Keaktifan mahasiswa sangat dibutuhkan dalam membangun prestasi program studi dan Departemen Matematika.

Acara yang dipandu oleh Leniy Eka Watiy sharing Alumni dilanjutkan dengan sesi sharing alumni. Sesi pertama membahas tentang peminatan Aljabar, disampaikan oleh Dr. Mu’amar Musa Nurwigantara, S.Si. Beliau adalah salah satu staf pengajar di Departemen Matematika dan alumni Prodi Magister Matematika yang lulus melalui jalur PMDSU. Sesi selanjutnya dijelaskan tentang Peminatan Statistika bersama Ibu Lydia Mulyatri, S.Psi.

Salah satu alumni minat Analisis, Juanda Kelana Putra, S.Pd., M.Sc., yang juga merupakan dosen Pendidikan Matematika di UIN Walisongo Semarang, turut bergabung secara online. Saat ini, beliau sedang menempuh studi program Doktor di Masaryk University, Republik Ceko. Selama berkuliah di Program Magister Matematika, beliau aktif sebagai Ketua HIMPASTIKA angkatan 2013. Selain itu, pada kesempatan ini juga menghadirkan Letnan Satu Ctp Iwan Senopsa Panuturi Tambunan, S.Pd., M.Sc., dari peminatan Terapan, yang saat ini berdinas sebagai anggota TNI Angkatan Darat.

Para alumni berbagi pengalaman selama studi di Program Studi Magister Matematika serta memberikan tips dan motivasi kepada mahasiswa baru. Acara ini juga menyertakan sesi diskusi singkat mengenai rencana kegiatan akademik dan non-akademik yang akan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMPASTIKA) dalam satu tahun ke depan.

Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan terjalin kerja sama dan kolaborasi yang lebih baik di lingkungan Departemen Matematika, guna mendukung keberhasilan akademik dan memperkuat kebersamaan di masa depan. Hal ini sejalan dengan SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, karena mendorong kolaborasi dan sinergi di antara berbagai pihak dalam mencapai tujuan bersama, termasuk keberhasilan akademik dan pengembangan mahasiswa.

 

Kata Kunci: AKSIOMA, Kolaborasi, Alumni

Penulis: Wira Kurniawan

Editor: Endang Sulastri

Foto: HIMPASTIKA