Serunya Acara Pengembangan Softskill Mahasiswa dalam Rangkaian Kegiatan AKSIOMA 2024: Bawalah Aku ke dalam Ceritamu

Program Studi Magister Matematika FMIPA UGM melalui HIMPASTIKA menyelenggarakan kegiatan Pengembangan softskill mahasiswa Prodi Magister Matematika angkatan tahun 2024. Acara ini sebagai rangkaian kegiatan AKSIOMA 2024 yang diadakan pada 7-8 September 2024 dengan tema “Bawalah Aku ke dalam Ceritamu”. Kegiatan ini diadakan di Villa WillHouse, Kaliurang.

Rombongan tiba di lokasi pada Sabtu, 7 September 2024, sekitar pukul 16.30, dilanjutkan dengan ISHOMA dan pembagian kamar. Acara berlanjut pada pukul 19.30 hingga 20.30 dengan sesi berbagi bersama yang dipimpin oleh Muhammad Reza Subakti, Ketua HIMPASTIKA, serta mahasiswa angkatan 2023 dan 2024. Sesi berikutnya adalah momen yang ditunggu-tunggu, yaitu api unggun dan pentas seni, di mana setiap angkatan menampilkan bakat seni mereka. Tepat pukul 22.00, panitia melakukan evaluasi dan peserta beristirahat.

Keesokan harinya, acara dimulai dengan senam pagi bersama pada pukul 06.00-07.00. Meskipun udara terasa dingin, semua peserta antusias mengikuti gerakan yang dipandu oleh instruktur senam, Nadia Indarwati Setia Budi dan Leniy Eka Watiy S. Setelah itu, peserta menikmati sarapan bersama.

Sesi selanjutnya adalah penyampaian materi pengembangan softskill dari tim SWARAGAMA Training Center (STC). Materi ini disampaikan oleh Gideon Surya, S.Kom, PLT. Beliau adalah trainer professional yang sudah menekuni dunia pengembangan manusia sejak tahun 2007.

“I am the DRIVER, Not the Passenger!”
“Sejak lahir, manusia diberikan “kendaraan” yang kita sebut “Self”. Hanya dengan self driving, manusia bisa mengembangkan seluruh potensinya dan mencapai hal-hal yang tak terbayangkan. Sebaliknya, mentalitas passenger yang ditanam sejak kecil, dan dibiarkan para eksekutif, hanya akan menghasilkan keluhan dan keterbelengguan. Seorang “Driver” ialah seorang pemimpin yang dalam perjalanannya bisa saja salah, atau membentur kendaraan lain. Jika ada kecelakaan, dialah yang bertanggung jawab, bukan penumpang. Sedangkan “Passenger”, seorang pemimpin yang diibaratkan penumpang yang dalam perjalanan menuju sebuah tempat. Dia boleh mengantuk, tertidur, terdiam, bahkan tak perlu tahu arah, serta tak perlu banting tulang untuk menjaga mobilnya. Driver is winner (orang yang sukses), dan passenger is loser (orang yang gagal),” jelas Gideon disambut tepuk tangan meriah dari peserta.

Sesi selanjutnya diisi dengan materi pengembangan softskill yang disampaikan oleh tim SWARAGAMA Training Center (STC). Materi ini dibawakan oleh Gideon Surya, S.Kom., PLT, seorang trainer profesional yang telah berkecimpung di dunia pengembangan manusia sejak tahun 2007.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Departemen Matematika, Dr. Nanang Susyanto, M.Sc., M.Act.Sc., Ketua dan Sekretaris Prodi Magister Matematika, Prof. Dr. Sri Wahyuni, S.U., dan Dr. Indarsih, M.Si., serta Admin Prodi dan PUMK, Wira Kurniawan dan Emiliana Sunaryani Y.
“Departemen Matematika sangat mendukung kegiatan AKSIOMA seperti ini. Kegiatan ini sangat positif dalam mengembangkan potensi mahasiswa, mengembangkan kemampuan softskill, serta sebagai ajang saling mengenal antarmahasiswa”, jelas Dr. Nanang Susyanto, M.Sc., M.Act.Sc. sembari menekankan pentingnya softskill dalam mendukung kesuksesan akademik maupun profesional.

Berbagai permainan seru dan edukatif dilaksanakan, seperti permainan tim, simulasi problem solving, dan tantangan fisik. Mahasiswa diajak untuk bekerja sama dalam menyelesaikan berbagai tugas yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, adaptasi, dan kepemimpinan.

Kegiatan outbond ini ditutup dengan refleksi dan evaluasi oleh para mentor STC . Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademik, tetapi juga keterampilan non-teknis yang akan bermanfaat dalam karier dan kehidupan sosial mereka. Peningkatan keterampilan kepemimpinan, kerjasama, dan pemecahan masalah yang diperoleh dalam kegiatan ini sejalan dengan SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, yang mendorong produktivitas dan kemampuan bekerja dalam tim.

 

Kata Kunci: Pengembangan Soft Skill, HIMPASTIKA, Pelatihan Kepemimpinan

Penulis: Wira Kurniawan

Editor: Endang Sulastri

Foto: Wira Kurniawan