Prof. Dr. Supama, M.Si. Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

Dosen Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengethauan Alam (MIPA), Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Drs. Supama, M.Si., dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang analisis matematika. Dalam upacara pengukuhan jabatan guru besarnya yang berlangsung di ruang Balai Senat UGM, Rabu (27/8), Supama menegaskan ilmu matematika dirancang untuk membantu manusia dalam menyelesaikan setiap persoalan. Tapi dalam kenyataannya banyak konsep di dalam matematika yang aplikasinya tidak terbatas pada satu bidang masalah. Salah satu contoh, dia menyebutkan riset operasi matematika yang semula dikembangkan untuk perang dunia II, kini diaplikasikan pada bidang lain seperti keteknikan hingga sampai ekonomi dan sosial.“Dengan menggunakan bantuan matematika, berbagai masalah dapat diselesaikan secara sistematis,” kata pria kelahiran Klaten 46 tahun lalu ini.

PakSupamaGuruBesar

Lebih jauh dia menjelaskan di dalam matematika dikenal beberapa macam struktur, diantaranya adalah ruang linear atau ruang vektor. Sejak abad ke 17, ruang vektor menjadi perhatian bagi para peneliti matematika. Dari ruang vektor ini telah dimanfaatkan untuk bidang ilmu fisika, teknik, ekonomi dan ilmu sosial. “Salah satu hasil pengembangan ruang vektor yang cukup penting adalah pengkonstruktisan ruang fungsi,” ujarnya.

Untuk mendefinisikan suatu fungsi dalam matematika maka dikenalkan oleh para ahli dengan nama modular. Beberapa konsep terkait ruang modular, kata Supama, antara lain operator superposisi, fungsional aditif ortogonal dan teori titik tetap pada ruang modular. “Semuanya telah diformulasikan oleh para peneliti dengan demikian ranah aplikasinya makin luas,” terangnya.

Seperti diketahui, Supama meniti karir sebagai dosen matematika sejak 1992, setelah lulus sarjana tahun 1991 di jurusan yang sama. Pendidikan master dan doktor diselesaikan di jurusan Matematika Fakultas MIPA pada tahun 1998 dan 2004. Pria yang pernah menjabat sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) UGM pada tahun 2011 hingga 2013 ini, saat ini menjabat Kepala Laboratorium Analisis Jurusan Matematika di FMIPA UGM. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Sumber: http://ugm.ac.id