Pelajari Penerapan Teori Bilangan di Kriptografi, Dua Mahasiswa Matematika Ikuti CIMPA School di Vietnam

Centre International De Mathématiques Pures Et Appliquées – CIMPA School dengan tema Penerapan Teori Bilangan sukses diselenggarakan di Ho Chi Minh City, Vietnam, pada 03 Juni 2024 hingga 14 Juni 2024. Tujuan dari sekolah ini adalah untuk memperkenalkan peserta pada beberapa aspek teori bilangan (algoritmik) dan geometri aritmatika serta interaksi yang sangat produktif antara subjek-subjek tersebut dan disiplin terapan kriptografi dan teori pengkodean. Program ini terdiri dari empat topik utama yang meliputi teori bilangan algoritmik, kurva eliptik, teori pengkodean aljabar, dan kriptografi berbasis isogeny.

Topik-topik pada program ini memberikan pengetahuan mendalam mengenai berbagai alat dalam teori bilangan dan geometri aritmatika serta aplikasinya dalam kriptografi dan teori pengkodean. Topik-topik yang dibahas mencakup kelompok kelas dari lapangan bilangan dan algoritma sub eksponensial Buchmann untuk menghitungnya, teorema Mordell-Weil untuk kurva eliptik di atas lapangan bilangan, kode Reed-Muller dan kode Goppa, serta algoritma untuk menghitung dan mengevaluasi isogeny dari kurva eliptik. Setiap kursus menggabungkan aspek teoritis dan praktis melalui latihan dan sesi pemrograman, sehingga siswa belajar secara proaktif.

Pada kesempatan ini, dua mahasiswa matematika UGM, Saifullah Ali (mahasiswa S2 Matematika) dan Annisa Dini Handayani (mahasiswa S3 Matematika), berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Annisa Dini Handayani menyatakan, “Bertemu dengan para pecinta aljabar dari berbagai belahan dunia, saling bertukar pikiran terkait penelitian aljabar, dan memulai untuk berkolaborasi. Saya tidak pernah membayangkan bahwa saya bisa lebih menikmati aljabar dan kriptografi. Pengalaman yang luar biasa dengan CIMPA School 2024.”

Partisipasi dua mahasiswa ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di bidang matematika, khususnya dalam teori bilangan dan kriptografi. Selanjutnya mereka akan menyampaikan apa yang dipelajari pada kegiatan lain sehingga akan mendukung SDGs poin ke-4 terkait pendidikan berkualitas. Selain itu penerapan teori bilangan pada kriptografi juga akan mendukung SDGs poin ke-11 Sustainable Cities and Communities karena akan mewujudkan komunikasi yang aman untuk komunitas.

 

Kata Kunci: Teori Bilangan, Kriptografi, CIMPA School

Penulis: Uha Isnaini

Editor: Endang Sulastri

Foto: Annisa Dini Handayani