Pengabdian kepada Masyarakat: Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMA/MA Kabupaten Banyumas melalui Pelatihan Materi Olimpiade Matematika SMA

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kemampuan mengajar guru-guru dalam bidang matematika dan sebagai bagian dari program keberlanjutan kegaitan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di kabupaten Banyumas yang telah dirintis Departemen Matematika Universitas Gadjah Mada (UGM) sejak 2017, Tim PkM Departemen Matematika – Banyumas 2024 bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan workshop pelatihan olimpiade matematika yang ditujukan kepada guru-guru Matematika yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA/MA Kabupaten Banyumas. Workshop yang diadakan pada tanggal 9 Oktober 2024 di SMAN 3 Purwokerto tersebut dihadiri oleh 50 peserta guru-guru matematika SMA/MA yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA/MA Kabupaten Banyumas.

Kegiatan workshop diawali dengan pembukaan acara secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah X, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Provinsi Jawa Tengah, dan dilanjutkan dengan agenda inti, yakni pemaparan materi olimpiade matematika oleh sejumlah narasumber. Agenda inti terbagi dalam lima sesi yang membahas topik-topik penting dalam olimpiade matematika, yaitu pengenalan umum, geometri, aljabar, kombinatorika, dan teori bilangan. Masing-masing narasumber yang terlibat, yakni Made Tantrawan, Ph.D., Dr. Iwan Ernanto, Uha Isnaini, Ph.D., Hadrian Andradi, Ph.D., dan Dr. Nanang Susyanto, memberikan pemaparan silabus, tipe soal, dan tips pembinaan siswa untuk setiap bidangnya. Setiap sesi juga dilengkapi dengan diskusi interaktif yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi dan memperoleh tips yang berguna dalam menghadapi tantangan olimpiade matematika.

Setelah sesi inti terlaksana, kegiatan dilanjutkan dengan acara penutupan yang mencakup penyampaian kesan dan pesan, penutupan kegiatan secara resmi oleh Kepala Sekolah SMAN 3 Purwokerto, serta informasi terkait penugasan bagi peserta untuk menyusun soal olimpiade berdasarkan topik yang telah dipelajari. Peserta diberikan waktu selama satu minggu untuk menyusun soal termasuk jawabannya dan kemudian mengirimkannya melalui Google Form. Selain penugasan, peserta juga diminta mengisi formulir evaluasi kegiatan melalui Google Form yang sama. Hasil evaluasi kegiatan melalui Google Form menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. Semua peserta mendukung keberlanjutan program, dengan sebagian besar merasa bahwa kegiatan PkM ini sangat perlu dilanjutkan. Beberapa masukan baik terkait pelaksanaan dan topik keberlanjutan juga telah berhasil dikumpulkan dari peserta, di mana sebagian besar peserta menyarankan agar kegiatan PkM diadakan lebih sering dan intensif, dengan pertemuan yang fokus pada satu bidang OSN agar diskusi dapat lebih mendalam.

Secara keseluruhan, workshop ini telah terlaksana dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi pengembangan kompetensi guru. Dukungan dan masukan dari peserta akan menjadi dasar penting bagi pengembangan program serupa di masa depan, demi terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan matematika di Indonesia, khususnya di Kabupaten Banyumas.

Kata kunci: Olimpiade Matematika, Pendidikan Berkualitas, Pelatihan Guru, Kompetensi Guru

Penulis: Made Tantrawan

Fotografer: Fadhil M Rifqi