KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: PENERAPAN MATEMATIKA DI BIDANG STATISTIKA KEUANGAN DAN INDUSTRI LINGKUNGAN DI BALIKPAPAN SERTA PENYUSUNAN KURIKULUM DI TINGKAT UNIVERSITAS

Balikpapan, Senin 23 Oktober 2023 – Balikpapan kembali menjadi pusat perhatian dalam dunia pendidikan dan pengembangan matematika melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan pada Senin, 23 Oktober 2023. Kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama yang dinaungi oleh Indonesian Mathematical Society (IndoMS) dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s 3) terkait aplikasi matematika di industri kesehatan, Kriptografi (SDG’s 16), Statistika (SDG’s 8), IKN (SDG’s 11)  dan tentunya kerjasama institusi SDG’s 17 (Partnership for the Goals).  Kegiatan ini mencakup dua materi utama, yakni “Penerapan Matematika pada Bidang Statistika Keuangan” dan “Penerapan Matematika pada Bidang Industri dan Lingkungan.” Adapun peserta kegiatan ini adalah mahasiswa matematika, statistika dan aktuaria di ITK.

Kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk membawa manfaat ilmu matematika secara konkret kepadamasyarakat Balikpapan, dengan fokus pada aplikasi dalam dua bidang penting. Pertama adalah Penerapan Matematika pada Bidang Statistika Keuangan. Dalam materi ini, peserta diajak untuk memahami peran matematika dalam analisis statistik keuangan. Materi disampaikan oleh Dr. Gunardi dan Dr. Adhitya Ronnie Effendie yang kemudian dilanjutkan kuis menggunakan Kahoot oleh dosen muda UGM, Muhammad Fahruli Wahyujati. Selanjutnya materi kedua adalah Penerapan Matematika pada Bidang Industri dan Lingkungan. Pada materi ini, peserta akan memahami bagaimana matematika dapat diterapkan dalam industri dan lingkungan. Materi disampaikan oleh Dr. Indarsih dan dilanjutkan oleh Uha Isnaini, Ph.D. Melalui pemaparan-pemaparan tersebut, diharapkan peserta dapat memahami peran matematika dalam menghadapi berbagai tantangan dalam berbagai bidang kehidupan. Matematika bukan hanya teori yang terisolasi, melainkan alat yang kuat untuk memecahkan masalah, mengoptimalkan proses, dan memberikan solusi berkelanjutan.

Secara paralel, juga diadakan kegiatan sharing session dengan narasumber Prof. Sri Wahyuni dan Dr. Solikhatun terkait kurikulum yang mencakup topik-topik berikut. Peserta pada sesi ini adalah dosen khususnya pengurus jurusan dan prodi di ITK. Pertama adalah pemaparan penyusunan kurikulum dan bidang keilmuan di UGM. Selanjutnya adalah implementasi MBKM pada Kurikulum. Yang terakhir terkait dengan penyusunan integrasi penelitian/pengabdian kepada masyarakat ke Mata Kuliah Prodi/Departemen UGM. Kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama yang tentu juga dimanfaatkan untuk ajang berdiskusi. 

Penulis: Uha Isnaini

Kontributor: Indarsih