Kunjungan ke Universitas Cenderawasih dalam rangka Sharing Hasil Penelitian bidang Matematika Terapan dan Inisiasi Kerjasama Riset

Pada tanggal 18-19 Oktober 2018, delegasi dari Laboratorium Matematika Terapan FMIPA UGM mengadakan kunjungan ke Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih di Jayapura, Papua. Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk diseminasi dari kegiatan Penelitian Pemandatan Laboratorium Matematika Terapan dengan dana internal FMIPA UGM.

Kunjungan ini selain bertujuan untuk menjalin komunikasi ilmiah dengan para dosen di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih juga untuk memperkenalkan aktivitas penelitian di Departemen Matematika FMIPA UGM, khususnya bidang Matematika Terapan.

Kegiatan di Universitas Cenderawasih diawali dengan audiensi dengan Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T. Di dalam audiensi ini, Rektor Universitas Cenderawasih berharap ada kerjasama lebih erat di tingkat fakultas antara UGM dan Universitas Cenderawasih sebagai tindaklanjut atas MoU di tingkat Universitas. Pada kesempatan tersebut Rektor juga berharap agar UGM dapat ikut berperan dalam pembangunan di Papua, khususnya pembangunan SDM melalui bidang pendidikan.

Kegiatan selanjutnya adalah kuliah umum dengan tema “Peran Matematika dalam Penanganan Penyakit Menular melalui Pemodelan Matematika”. Selain dihadiri oleh mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri oleh Drs. Tatang Sutarman, M. Si., selaku Pembantu Dekan I FMIPA, dosen di jurusan Matematika dan beberapa dosen dari jurusan lain di lingkungan FMIPA Universitas Cenderawasih. Topik yang dibahas dalam kuliah umum ini meliputi “Nilai-nilai luhur di dalam Matematika dan aplikasinya dalam permasalahan nyata” yang disampaikan oleh Dr. Fajar Adi Kusumo, “Konsep Dasar Teori Kendali dan beberapa aplikasinya” yang disampaikan oleh Dr. Noorma Yulia Megawaty, “Penerapan Kendali Optimal dalam Penanganan Penyakit Tuberkulosis” yang disampaikan oleh Dr. Solikhatun, dan “Pemodelan Penyebaran Penyakit Malaria” yang disampaikan oleh Dr. Nanang Susyanto.

Untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dan kolaborasi penelitian, pada kunjungan ini juga diadakan forum diskusi yang dihadiri oleh para dosen. Pada diskusi ini, diketahui bahwa ada beberapa potensi topik yang dapat dijadikan inisiasi awal untuk kolaborasi. Untuk memformalkan kerjasama yang dirintis, pada kunjungan ini juga disampaikan draft pertama perjanjian kerjasama, yang akan didiskusikan lebih lanjut dalam beberapa waktu ke depan.

Kegiatan kunjungan ke Universitas Cenderawasih ini ditutup dengan kegiatan kunjungan bersama ke Perbatasan RI-Papua Nugini dan makan malam bersama (FAK).